Panduan Ban dan Camber



Ban
Ada banyak sekali pilihan ban dalam RC Drift. Tergantung dari tempat kamu bermain, berikut ini beberapa pilihan ban yang sering ditemui:
  • Street Jam Drift Tires
  • MST Drift Tires
  • Spice Ultra Hard Drift Tires
  • DS Competition F series
  • HPI T Drift Tires
  • Sushi Tires aka. PVC Tires
  • Tamiya Driftech
Masih banyak pilihan, selain yang saya sebutkan diatas, namun yang lazim dipakai adalah yang saya sebutkan diatas. Biasanya jika kamu bermain di karpet, banyak yang menggunakan MST Drift Tires tipe yang hard, ataupun DS Competition F0. Untuk all round (dimana saja) bisa menggunakan HPI T Drift Tires ataupun Tamiya Drifttech.

Umur dari ban

Beberapa faktor yang mempengaruhi umur dari ban adalah setting camber (akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian Camber)pada kit kamu serta dimana tempat kamu bermain. Tentu saja jika kamu bermain di karpet, ban akan lebih awet dibandingkan bermain di semen ataupun aspal, apalagi yang kasar. Pastikan kamu ganti ban yang sudah usang, karena akan mempengaruhi Drift kit kamu.

Rims atau Wheel

Hal yang lazim ditemui dalam membeli ataupun menggunakan Rims adalah OFFSET. Apa itu Offset? Offset melambangkan seberapa banyak bibir Rims yang mencuat keluar (illustrasi gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya )

Menggunakan offset +9mm pada body 190mm, sehingga tampak keluar, dan terlihat tidak rapi.
Offset diukur dalam milimieter (mm). Yang lazim digunakan adalah offset +0, +3, +6, diatas itu +9 ataupun ada beberapa produsen yang menyediakan hinggal +12 biasanya jarang digunakan karena akan repot dan terpentok dengan body kamu.
Untuk ukuran body dengan lebar 190mm biasanya cocok menggunakan Offset maksimum sampai 6 (optimalnya). Jika memiliki body dengan lebar 200mm bisa memanfaatkan hingga offset 9 ataupun mungkin 12.

Camber

Apakah Camber itu dibutuhkan? Jawabannya ya dan tidak, tergantung dari kebutuhan kamu.

Apa itu Camber?

Camber adalah tambahan atau kurangan sudut dari Rims kamu sehingga akan lebih mengarah ke body ataupun keluar body. Biasanya diukur dalam derajat. Camber negatif biasanya mengarah kedalam dari body, sedangkan Camber positif mengarah keluar dari body.
RC Drift Camber DIagram
Courtesy of 370z.com memperlihatkan jenis Camber

Jadi berapa derajat camber yang saya butuh?

Biasanya untuk pemakaian sehari-hari, (tanpa menggunakan Countersteer) biasanya 3 derajat sudah cukup, atau mungkin dibawah itu. Disarankan untuk membandingkan dengan dan tanpa Camber, supaya dapat feelnya, apakah butuh atau tidak.
Untuk yang sudah menggunakan Countersteer harus disesuaikan dengan selera dan setting dari kaki-kaki kit kamu. Konsultasikan dengan pihak yang ahli untuk mendapatkan setting yang tepat dengan karakteristik kamu dalam mengendalikan kit kamu. Karena memang ukuran setiap orang adalah berbeda-beda tergantung preferensinya.
Harap diperhatikan kondisi ban, jika kamu menggunakan Camber negatif, maka posisi ban bagian dalam akan lebih cepat botak, begitu juga sebaliknya jika menggunakan Camber positif, maka ban posisi luar akan lebih cepat botak.

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RandysRC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger