Istilah-Istilah dalam Dunia RC,..



Istilah
Arti

3D
Sebuah bentuk gaya terbang. dengan karakter terbang akrobatik special yang umumnya di bawah kecepatan stall. contohnya torque rolls, ‘walk in the park’, harriers, hangers, etc.


ABC / Non-Ringed
Umumnya istilah ini terdengar di mesin nitro, ABC merupakan singkatan dari A = Aluminium, B= Brass, C = chrome atau Composite seperti Nickel
Engine type ini mengunakan piston aluminium and Silinder Liner dari Chrome atau composite coated brass yang menjadikan mesin lebih efisien untuk performa tinggi. Mesin Ini tidak menggunakan ring piston and piston dengan silinder liner sangat ketat. Mesin ABC terbaru seperti JBA Engine, umumnya susah/berat untuk diputar
as nya dengan tangan. Karena sangat ketatnya itu sangat tidak dianjurkan untuk memutar ass mesin dengan tangan tanpa adanya fuel yang masuk.


Adjustable Travel Volume (ATV)
ATV digunakan untuk mengeset maksimum travel servo disetiap sisi dari titik netral servo. Setting ATV berguna agar servo bergerak sesuai control yang kita inginkan yang akan mempengaruhi gaya terbang atau style.


Aerobatics
Atraksi gerakan “akrobatik” atau stan manuver di udara, seperti loops, rolls dan lain lain.


After Run Oil
Pelumas khusus yang di desaign untuk menghilangkan sisa sisa fuel yang tidak terbakar. Fuel dapat menyebabkan korosi atau karat di beberapa bagian mesin. Dengan menggunakan after run oil, sisa fuel dihilangkan, dan bagian mesin beri lapisan pelindung baru. cara murah untuk merawat mesin dan menjaga agar mesin berumur panjang.


Ailerons
Permukaan kontrol yang berada pada ujung belakang sayap, di gunakan untuk berbelok dengan gerakan yang berkebalikan (satu ke atas, satu kebawah). Satu aileron akan mendorong udara keatas dan satu aileron akan mendorong udara kebawah. ini akan membuat pesawat berbelok
atau melakukan gerakan roll, Jadi kalo roll kekanan, maka aileron kanan akan naik.


Airfoil
Bentuk sayap ketika di lihat dari samping. biasanya berbentuk seperti tetes air


Amphibian
Pesawat yang dapat melakukan take off atau landing di darat dan di air, dengan design seperti hull kapal, atau dengan menggunakan float. sebuah pesawat ampibi dapan mendarat pada air dan kemudian mengeluarkan roda untuk naik kedaratan.


Angle of Attack
Sudut pada sayap untuk membelah udara pada saat terbang, semakin sudut bertambah akan semakin mengapung tapi akan menghasilkan hambatan pada laju pesawat sesuai dengan sudut yang digunakan.


Area
Angka, biasanya ditunjukan dengan satuan inci persegi atau kaki untuk menunjukan luasan sayap.

ARF
Istilah Model, yang menunjukan bawah model pesawat/ heli hampir siap terbang, namun masih menambahkan beberapa items lagi agar siap benar benar terbang, seperti engine dll.
Istilah ARF sekarang di gunakan juga pada pesawat electric, namun di indonesia di artikan sedikit berbeda, dimana ARF electric di indonesia memiliki arti pesawat electric tersebut sudah termasuk servo, motor, esc, propeller atau bahkan battery dan charger.


Axis
garis imaginer dimana bodi berputar ke kiri atau kanan.


Backlash
Suatu yang menyatakan kondisi roda pesawat, terlalu kendor hingga terjadi slip atau terlalu kencang, dan akibat yang di hasilkannya


Ball Link
Penghubung menggunakan sebuah bola dan sebuah link berbentuk lingkaran yang mengelillingi bola, digunakan untuk menghubungkan servi ke kontrol permukaan penggerak seperti rudder dll.


Base Load Antenna
Antena pendek pada model, yang digunakan untuk menggantikan model antena panjang


Battery Eliminator Circuitry (BEC)
Sebuah rangkaian electronica yang digunakan untuk menurunkan tegangan (volt) agar tercapai tegangan yang di butuhkan oleh receiver. BEC umumnya digunakan pada RC electric, namun juga sekarang digunakan pada RC bermesin apabila menggunakan lithium baterai


BB
Singkatan ini menunjukan istilan BALL BEARING pada crankshaft (krek as ) mesin RC. Ball bearing akan membuat mesin lebih halus dan tahan lama.


Binding
Sesuatu kondisi yang terjadi dimana servo bekerja melebihi kekuatan lingkage atau lingkage terlalu panjang atau pendek .


Blade Balancer
disebut juga “‘prop balancer” pada pesawat. Digunakan untuk melihat keseimbangan propeller atau blade dari sisi ke sisi untuk menghilangkan getaran.


Blade Strike
Suatu kondisi dimana propeller/blade menghantam obyek lain. kelihatannya seperti kerusakan minimal, namun blade atau propeller harus diperiksa secara hati hati dan di perhatikan kualitas kekuatannya untuk keselamatan penerbangan, apabila tidak yakin, lebih baik diganti.

Istilah
Arti

Boring Holes in the Sky
Terbang Fun pada r/c pesawat tanpa mempedulikan pola atau jalur terbang.


Buddy Box
2 transmiter yang sama dihubungkan dengan kabel (trainer cord). ini sangat berguna untuk belajar terbang, atau sama saja pesawat memiliki dual control. Intruktur dapat langsung mengambil alih kontrol pesawat/heli dengan “trainer switch” pada transmitter.


CA (Abbreviation for “Cyanoacrylate”)
Instant lem dengan beberapa vikositas, (thin, medium, think dan gel). Type lem ini cocok digunakan untuk pesawat balsa dan material lain. CA memiliki kekuatan yang lebih keras dari super Glue. namun jangan di gunakan pada pesawat dengan bahan foam, karena CA akan melelehkan foam.


Camber
Jika kamu menggambar sebuah garis melalui bagian tengah airfoil secara tepat membagi dua antara bagian atas dan bagian bawah, kamu mendapatkan garis airfoil, bentuk garis yang didapat tergantung bentuk sayap, dapat lurus atau melengkung. kurva ini yang disebut “camber” airfoil.
jika terdapat banyak kurva maka disebut sebagai “highly-cambered”.


Canard
permukaan horisontal di depan sayap, digunakan untuk mengontrol pitch, ini di temukan di beberapa jenis pesawat. Juga kata yang digunakan untuk menggambarkan pesawat yang memiliki sayap utama dan permukaan kontrol horisontal di hidung pesawat, atau di sebut “tail first” aircraft.


Carburetor
Bagian pada mesin yang mengontrol kecepatan dan setingan gas, pencampuran bahan bakar dan udara melalui needle valve (see needle valve)


Center of Pressure
garis imaginer pada chord airfoil dimana semua kekuatan aerodinamis diasumsikan beban terbesar


CG (“Center of Gravity”)
Istilah ini termasuk kategori paling penting pada rc aeromodeling dan harus benar benar diperhatikan. CG merupakan point pada model dimana keseimbangan model terbentuk baik keseimbangan bagian depan ataupun bagian belakang. Point ini sangat kritis, dimana pada saat pesawat telah terbang. Keseimbangan CG akan sangan menentukan. Pesawat dengan berat pada bagian ekor (tail heavy) akan sangat lincah, tapi sangat tidak stabil dan memiliki faktor stall yang sangat tinggi. Jika pesawat lebih berat pada bagian depan (nose heavy) pesawat akan memiliki karakter terbang track yang bagus, namun kurang responsif pada bagian control input, yang akhirnya pesawat akan drop apabila dalam posisi terbang pelan. hal ini akan menyusahkan pada waktu landing dan harus terus mengangkat hidung pesawat. Pesawat nose heavy akan landing dengan sempurna apabila melakukan landing dengan kecepatan tinggi.


Chandelle
Semuah gerakan menanjak tajam dimana pesawat berputar arah 180°


Channel
Nomor frekwensi yang digunakan radio untuk mengirim signal ke receiver. jika radio melakukan transmisi pada frekwensi yang sama, dapat terjadi glitching pada receiver dengan no frekwensi tersebut. Untuk menghindari tabrakan signal, maka clubs memiliki frekwensi kontrol untuk memastikan hanya 1 radio yang menyala apabila memiliki frekwensi yang sama. Jika tidak ada tanda, jangan gunakan radio sampai anda yakin tidak ada frekwensi yang sama digunakan pada saat

Related product you might see:

Share this product :

+ comments + 1 comments

March 14, 2014 at 12:22 PM

Lengkap sekali ulasannya... jadi banyak istilah dunia RC yang awalnya tidak tahu jadi tahu... :)

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RandysRC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger