Setting Suspensi Untuk Drift



Ada banyak sekali model dan merk suspensi dalam dunia RC dari yang paling murah sampai yang paling mahal semua tersedia tergantung budget Anda. Suspensi sangat berpengaruh untuk membuat setting mobil Anda menjadi bagus atau rusak. Setting suspensi sangat bervariasi satu sama lain, mungkin setting yang cocok untuk player A tidak akan cocok untuk player B.

Mari kita membahas mengenai komponen suspensi itu sendiri.

Shock aka. Dampers



RC Car Damper
 Untuk drifting biasanya posisi shock belakang lebih tegak, dan posisi shock depan lebih miring mengarah ke tengah chassis
Ada 2 cara untuk mengatur kelembutan atau kekerasan suspensi:
  1. Dengan menggunakan “PER aka Spring” yang lembut. Biasanya produsen membedakannya dalam berbagai warna, jadi, perhatikan warna mana yang lebih lembut atau keras.
  2. Dengan menggunakan oli shock. Biasanya produsen membedakan berat oli shocknya dengan angka. Semakin berat oli shock semakin berat piston untuk mengkompres.
Beberapa orang menggunakan salah satu cara diatas, bahkan ada yang menggunakan keduanya, setting suspensi sangatlah dinamis dan berbeda satu sama lain. Namun yang patut Anda ketahui adalah cara kerja shock dan spring. Shock dan spring sistem kerjanya berlawanan satu sama lain. Ketika Shock menekan, maka spring akan menahan tekanan tersebut dan berusaha untuk Rebound. Jadi logikanya seperti ini.
Shock mengdikte BAGAIMANA dan KAPAN berat ditransfer sedangkan Spring mengdikte BERAPA berat yang ditransfer

PER aka Springs


RC Car Springs
 Untuk drifting biasanya suspensi belakang lebih lembut dibandingkan dengan suspensi depan
Spring disini juga berbagai variasi dan merk. Namun mereka semua pada dasarnya sama, jika sudah lembut, mau yang titanium sekalipun dibanding yang biasa hanya akan terasa sedikit sekali perbedannya.
Dari setting suspensi ini kita bisa mengatur ketinggian mobil kita dari tanah, atau dinamakan Ride Height. Semakin rendah Ride Height semakin rendah juga pusat gravitasi, menyebabkan lebih enak dikendalikan dan tidak gampang melintir. Cara mengatur Ride Height yaitu dari shock, ada bagian yang bisa diputar (lihat gambar shock diatas). Bisa juga dengan posisi shock, namun akan merubah cara kerjanya.
Semoga artikel ini bisa membantu para Drifter terutama yang pemula, untuk mengenal lebih dalam kit dan cara settingnya, terutama setting suspensi

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. RandysRC - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger